Rabu, 02 Mei 2012

1. DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA


BAB I
Pendahuluan
A.Latar belakang
Kecendrungan untuk mengembangkan teknologi tepat atau teknologi madya, termasuk di dalamnya untuk diterapkan dalam bidang industri merupakan akibat langsiung dari pengalaman pembangunan dunia ektiga selama decade 50 an dan mendapat penekanan kembali pada tahun 70 an ini. Sementara itu, di Indonesia kecendrungan pemilihan teknologi ini merupakan umpan balik setelah merasakan akibat yang nyata dari penerapan strategi revolusi hijau di bidang pertanian dan pola pengembangan industru substitusi import yang padat modal didaerah perkotaan, yang semata merupakan kebutuhan golongan berpenghasilan tinggi. Pengalaman industrialisasi di Negara- Negara berkembang selama ini, termasuk Indonesia ternyata penggunaan teknologi tinggi padat modal menyerap tenaga kerja yang kecil dan secara structural menimbulkan pengangguran masal.





BAB II
PEMBAHASAN

  1. DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA

    1. Pangan (Makanan)

Dampak yang di timbulkan oleh kemajuan IPTEK ada yang positif dan ada juga yang negatif. Dampak yang positif antara lain:
  1. Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat di produksi wberlipat ganda.
  2. digunakan mekanikasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila di bandingkan dengan tenaga Manusia.
  3. Diterapkanya cara pemupukan yang tepat serta digunakannya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman dengan mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga hasil bertambah banyak.
  4. DDDigunakan bioteknologi (misalnya hormone tumbuhan ), untuk merangsang tumbuh daun ,bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih baik.

Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen, dan bahkan meracuni Manusia sendiri. Setiap penggunaan teknologi maju disertai adanya dampak negative. Oleh karena itu, kesadaran dan tanggung jawab kita di tuntut lebih tinggi agar efek negatifnya dari kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat di tekan sekecil mungkin.

    1. Sandang (Pakaian)

Dampak dari IPA dan teknologi pada sansang ada yang positif ada pula yang negatif.


Dampak positif antara lain:

a)      Menolong Manusia dalam pengadaan sandang dengan adanya mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakain.
b)      Telah ditemukanya Serat sintesis, baik yang m,embuat dari Pokok- Pokok kayu yang dip roses secara kimiawi menjadi benang (rayon) maupun dari bahan galian seperti hasi sulingan batu bara dan minyak bumi yang dapat diproses menjadi serat- searat sintesis, seperti polyester, polipropelin, polietilin, dan lain- lain.

Dampak negative, antar lain:

a)      Bahan –bahan yang berupa polimer sintesis yang dalam sehari- hari dinamakan platik, kalu menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri- bakteri pembusuk.
b)      Sampah plastik kalau di bakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Namun, jika tidak dibakar, dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.

    1. Papan (Tempat tinggal)

Dampak positifnya, antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, Manusia mampu membangun rumah dan gedung- gedung pencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup dengan menekan tombol  dan dalam beberapa detik saja orang sudah sampai di lantai yang dituju.

Dampak negatifnya, antara lain:
a)      Dengan peralatan moderen, orang dengan sangat mudah membabat hutan untuk pembangunan rumah, gedung, dan sebagainy atau untuk perabotan yang lain. Akibatny hutan menjadi gundul dan jika hujan terrjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilanya kesuburan tanah yang akhirnya menyengsarakan Manusia sendiri.
b)      Dengan diterapkan teknologi moderen, tenaga Manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak tejadi pengguran.Sebagai akibat dari pengangguran ini timbul kejahatan dimana- mana.


  1. DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA

    1. Dampak positif
1.      Perkembangan IPTEK dapat mendorong Manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara lebih efektif dan efesien. Manusia dapat mengubah system transportasi dan komunikasi sehingga memudahkan semua kegiatan.
2.      PPPerkembangan IPTEK dapat menaikkan kualitas SDM (keterampilan dan kecerdasan Manusia), karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah. Selain itu, juga terbuka kemungkinan meningkatkan kemakmuran dan intelegensi Manusia.
    1. Dampak negative
1.      Semakin meningkatnya pengangguran karena pekerjaan yang semula di kerjakan Manusia, setelah di temukannya alat teknologi modern diganti oleh mesin.
2.      Timbulnya pencemaran yang di sebabakan zat-zat radioaktif yang sangat beracun, baik pada tanah, air, udara. Hal ini jelas mengancam kelangsunga hidup Manusia.






  1. DAMPAK TERHADAP KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI

    1. Komunikasi
Dampak positif adalah:
1.      Dengan teknologi modern,Manusia dapat menciptakan telegram (pertengahan abad ke-20)yang dapat di pakai untuk menyampaikan pesan ribuan kilometer dalam waktu beberapa menit saja.
2.      Dengan teknologi modern,Manusia dapat menciptakan telepon(di ciptakan oleh Bell tahun 1876)sehingga orang dapat berkomunikasi langsung.
3.      Di temukannya pesawat radio(oleh Marcooni 1896),untuk mengirim dan menerima berita tanpa melalui kawat penghubung seperti pada telepon dan telegram.
4.      Ditemukannya televise yang dapat mengirim suara dan gambar hidup kepada para pemirsa dalam jarak ratusan kilometer dari objek yang disaksikan.
5.      Ditemukannya alat komunikasi terbaru, yaitu satelit yang di kombinasikan dengan radio dan televisi.Dengan alat ini,orang dapat melihat wajah lawan bicara walaupun keduanya berada di belahan bumi berbeda.
Dampak negatifnya adalah:
Jika kemajuan IPTEK dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,timbul kehancuran di muka bumi ini misalnya dengan satelit orang dapat mengetahui pabrik senjata,ada reactor atom di dalam perut bumi,cadangan minyak,uranium,dan sebagainya.Niat jahat untuk menguasai semua itu dan timbul,sehingga terjadi rebutan yang pada akhirnya menimbulkan perselisihan
    1. Transportasi
Dampak positifnya adalah:
Dengan di terapkannya IPTEK modern,orang dapat membuat sarana transportasi,misalnya sepeda motor,mobil,bus,kereta api,dll.Sarana tranportasi tersebut sangat efektif dan efisien dari pada memakai alat tranpirtasi zaman dulu,misalnya kuda,naik kereta kuda,atau kapal layar.
Dampak negatifnya adalah:
a.             Timbulnya pencemaran suara(kebisingan)dan pencemaran udara.Hal tersebut dapat di akibatkan dari kontruksi alatnya maupun ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menggunakannya.
b.            Berkurangnya lahan-lahan pertanian yang produktif karena di pakai untuk menampung kebutuhan akan jasa transportasi seperti terminal,landasan kapal terbang dan atau parker kendaraan.
  1. DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN
    1. Dampak positif dalam upaya Manusia memberantas penyakit menular
Perkembangan IPTEK dapat memberantas penyakit menular.
Ini bukanberarti bahwa penyakit yang tidak menular tidak perlu di berantas,tetapi untuk penyakit menular diperlukan pemikiran khusus karena besar kemungkinan akan banyaknya jatuh korban dalam waktu yang relative singkat. Menurut hasil penelitian, penyakit menular dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus.
Perkembangan IPTEK menyebabkan keberhasilan ilmu kedokteran dalam mengikuti tinkah laku dinamika gelombang epidemic, sehingga mampu mengadakan usaha pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.
Usaha pencegahan suatu penyakit antara lain:
·               Mengusahakan pengolahan air untuk mendapatka air bersih bagi masyarakat.
·               Menjaga kebersihan lingkungan mislnya, mencegah adanya gengan air di lingkungan permikiman .
·               Mkenbgadakan imunisasi terhadap penyakit menular.
·               Melalui media hasil teknologi maju, diberikan penyebab, kibat dan cara pmencegah penyakit menular untuk memprtinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai penyakit menular dan dapat terhindar dari penyakit tersebut.
    1. Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu
Kemajuan IPTEK tidak terlepas dari dampak negative, antara lain timbulnya   berbagai penyakit. Penyakit yang dianggap berasal dari IPTEK antara lain penyakit kanker. SAmpai saat ini belum ada obat yang dapat memberantas penyakit ini , melainkan upaya untuk mencegah meluasnya bagian yang terserang atau memperpanjang usia penderita.Penyebabnya, antara lain adanya pencemaran udara. Pencemaran udara  biasanya terjadi dikota- kota besar yang padat dengan kendaraan bermotor, pabrik- pabrik dan berbagai industri, yang mengeluarkan gas sebagai polutan yang dapat menimbulkan kanker. Di tambah lagi banyak digunakannya zat- zat kimia yang juga dapat menyebabkan penyakit kanker disebut karsinogem, seperti zat kimia untuk bahan baju, penggunaan senyawa arsen pada pestisida dan lain- lain.
Pada awalnya pembedahan sangat menyiksa pasien karena tidak diketahuinya obat penghilang rasa sakit.Dengan ditemukannya zat-zat yang bersifat anestetika (penghilang rasa sakit ),hal itu tidak menyiksa pasien lagi.Dalam melakukan operasi,dokter tinggal memilih anestetika yang tepat,misalnya untuk menggunakan anestetika local(menghilangkan rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran).Berjenis-jenis operasi,baik ringan maupun berat dapat dilakukan oleh para dokter.Mulai dari mmbuang organ yang merugikan Manusia seperti operasi amandel,tumor,usus buntu,dan lain-lain.     
  1. DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN KEMAKMURAN
    1. Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan Manusia
  1. perkembangan IPTEK mendatangkan kemakmuran materi
Adanya perkembangan iptek melahirkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain:
    1. Teknik modern yang terdiri atas teknik penerbangan,teknik kimia,teknik sipil,teknik nuklir,teknik listrik dan mekanik.
    2. Teknologi hutan.
    3. Teknologi gudang.
    4. Metalurgi
    5. Teknologi transportasi dan lain-lain.
2.Perkembangan IPTEK dapat mendatangkan kemudahan hidup
Dengan teknik modern telah dapat dibuat berbagai alat yang dapat meringankan pekerjaan seseorang.Misalnya,dengan adanya kalkulator,kita mendapatkan kemudahan untuk menghitung.Dengan adanya mesin cuci,kompor gas,listrik,kulkas,dan alat elektronika rumah tangga yang lain dapat mempermudah ibu rumah tangga dalam menyelesaikan pekerjaannya.
    1. Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri
Negara yang menguasai perkembangan iptek,lebih mudah memperoleh kemakmuran materi dibandingkan Negara yang kurang mempunyai kemampuan dalam bidang tersebut.Akibatnya,timbul Negara miskin dan Negara kaya.
Penerapan teknik nuklir yang dikembangkan oleh Negara adikuasa untuk membuat senjata muktahir telah menimbulkan kegelisahan umat Manusia karena dapat mengancam perdamaian dunia jika diantaranya Negara-negara adikuasa tidakmampu mengendalikan dirinya.





BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
IPTEK sangatlah berperan dalam kehidupan Manusia karena dengan adanya iptek segala bentuk aktifitas/kegiatan Manusia menjadi lebih mudah.Semakin tnggi teknologi yang ditemukan maka semakin tinggi pula dampak negative yang ditimbulkan.Namun untuk mengurangi dampak negative tersebut perlu adanya kesadaran dan tanggung jawab tinggi dari kita sendiri agar efek negative dari kemajuan iptek dapat ditekan sekecil mungkin.

 Daftar pustaka
Mawardi, dkk. 2007. IAD-ISB-IBD.Bandung: Pustaka Setia. 

















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar